Lemak tak hanya membuat bentuk tubuh Anda berantakan. Bagi kaum pria, kelebihan lemak juga berpengaruh pada kualitas spermanya. Sebuah penelitian membuktikannya.

Dalam peretemuan yang dilakukan oleh European Society of Human Reproduction and Embryology, para peneliti menyebutkan bahwa pria yang bertubuh gemuk memiliki kualitas spema lebih buruk dibanding pria dengan berat badan normal.

Hal di atas berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ghiyath Shayeb dan tim dari Universitas Aberdeen di Inggris. Mereka meneliti 5.000 sampel sperma laki-laki yang di kelompokkan sesuai dengan BMI (Body Mass Index) masing-masing pria tersebut.

lewat sampel sperma itu terbukti bahwa pria yang angka BMI-nya normal (20-25) memiliki kualitas sperma yang jauh lebih baik dari pria-pria yang memiliki kelebihan berat badan atau mengalami obesitas.

Masih menurut Shayeb, pria obesitas memiliki risiko jumlah air mani yang sedikit sebanyak 60 persen. Sedangkan risiko memiliki sperma yang tidak normal sebanyak 40 persen.

Namun dalam hasil penelitiannya, Shayeb juga menambahkan bahwa pria yang kekurangan berat badan pun memiliki risiko bermasalah dalam sistem reproduksinya hampir sama dengan pria yang yang memiliki kelebihan berat badan.

Jadi jika tak ingin memiliki masalah dalam reproduksi, jaga-jaga berat badan Anda dengan pola hidup yang lebih sehat!