Password

Sebuah penelitian yang dilakukan Georgia Tech Research Institute di Amerika Serikat banyak orang menggunakan password atau kata kunci yang lemah untuk melindungi akun mereka.

Para pengguna internet yang memiliki rekening bank, kartu kredit, atau mereka yang menyimpan informasi pribadi di akun online kebanyakan mengguanakan kata kunci yang lemah sehingga peretas dapat mengetahui sandi tersebut. Para hacker biasanya menggunakan Graphics cards kemudian dikombinasikan dengan software atau program untuk memecahkan sandi dan berulang kali mencoba kombinasi password yang berbeda-beda sampai ditemukan sandi yang benar.

Menurut penelitian tersebut, para pengguna internet biasanya membuat password yang berisi infomasi pribadi mereka, seperti tanggal lahir, kota asal, nama orang tua, nama pacar dan sebagainya.

Jamie Cowper dari Symantec memberikan saran supaya para penggiat internet menggunakan password yang berbeda-beda untuk berbagai akun yang mereka miliki. “Dan jangan lupa untuk mengubah password secara berkala,” katanya.

Selain itu, pengguna juga disarankan membuat kata kunci yang terdiri dari 12 karakter supaya tidak mudah diketahui. “Membuat password pendek berisiko untuk dibobol,” katanya. Kata kunci pendek yang dimaksud Cowper adalah sandi yang terdiri dari tujuh karakter atau kurang.

Cowper yang bekerja pada perusahaan yang memproduksi perangkat lunak keamanan internet seperti Norton Anti-Virus, ini juga menyarankan pengguna untuk membuat kombinasi karakter password yang terdiri dari termasuk nomor dan huruf besar atau kecil.
Berikut langkah cara membuat password yang aman dan password tidak mudah ditebak:

  • Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri anda, istri, anak, tanggal    kelahiran,warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan anda, karena semua    hal yang berhubungan atau mendekati apa yang anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang    hendak mengakses data anda.
  • Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter(untuk program    recovery password yang trial akan suash untuk melacaknya, kecuali kalau anda berhasil        meng-crack program tersebut).
  • Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf.
  • Gunakan software generate password, maksudnya utnuk merandom password atau mengenkripsi    password.
  • Jangan gunakan password yang ada dalam kamus.
  • Jangan menyimpan password pada secarik kertas.
  • Hati-hati kalau anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang hacker    sedang bereaksi untuk mencuri password.
  • Perhatikan juga sambungan keyboard pada computer anda, karena bisa saja ada orang yang    memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.
  • Gunakan system copy-paste untuk menginput password,hal ini bisa menghindari hacking    dengan keylogging.
  • Gunnakan layanan untuk mengecek keamanan password, yang bisa kita dapat di internet.
  • Ubahlah password secara berkala, untuk menghindari dari penjebolan password.

Sebenarnya cara-cara di atas tidak menjamin 100% aman, karena bagaimanapun sebuah system  dibuat dengan sempurna dan hebat,Tetapi kalau individu tersebut tidak menjalankan atau    melalaikan hal-hal disekelilingnya,ya percuma saja. Pada intinya, ada keseimbangan antara system dan individu manusinya itu.

Advertisements